Wednesday, February 14, 2018

Waspadalah Terhadap Pencurian Data dari Aplikasi Android Berbahaya!

Teknosmash - Teknologi yang semakin canggih membuat kita lebih praktis dan mudah dalam melakukan apapun dalam kehidupan sehari-hari kita. Dengan begitu, kita akan lebih mudah dalam menjalani aktivitas kita, salah satunya penggunaan smartphone android yang semakin pintar dan canggih ini membuat kita praktis menjalani sehari-hari. Namun, bagaimana dengan acanya kecanggihan teknologi smartphone ini disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab?
Salah satunya adalah sebuah aplikasi yang kita download melalui Google Playstore dengan android kita. Ya, aplikasi yang kita download ini bisa saja menjadi racun bagi kita, yang mana terdapat beberapa aplikasi android yang bisa mencuri data pribadi kita di dalam android.

Inilah salah satu contoh bentuk kejahatan ITE yang perlu kita sadari dan waspadai. Kita musti segera mencegah dan mengatasi adanya kejahatan pencurian data melalui aplikasi android kita.
Mungkin sebagian besar pengguna smartphone android masih belum sadar akan adanya bahaya dalam mendownload aplikasi. Pernahkah kita menyadari, saat kita download lalu install aplikasi di android, terdapat perintah untuk mengizinkan akses ke buku telepon, picture, lokasi, dan lainnya? Hal ini bisa saja, data-data yang kita punya di dalam android kita terancam dicuri oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Sehingga, kita perlu tahu aplikasi apa saja yang mencuri data kita.

Pencurian data di dalam android tidak bisa kita sepelekan. Karena data yang kita punya bisa saja sangat penting dan sangat rahasia. Sebagai contohnya adalah data nomor telepon yang kita punya. Ada saja aplikasi yang mencuri data nomor telepon yang kita punya, lalu disalahgunakan untuk melakukan modus penipuan. Ngeri bukan?

Memang, akhir-akhir ini pencurian data merupakan kejahatan terbesar dalam dunia teknologi dan era ini. Ditambah lagi semakin mudahnya kita melakukan download dan install gratis aplikasi android, membuat kita mudah dan sembarangan download aplikasi melalui Google Playstore. Juga adanya berbagai aplikasi media sosial, yang sebagian besar pengguna android mendownloadnya. Tidak bisa dipungkiri. Bahwa aplikasi yang meminta izin akses ini bisa mengancam privasi dan keamanan kita.
Maka dari itu, sangat perlu bagi kita untuk mengetahui aplikasi apa saja yang bisa mencuri data kita melalui berbagai cara, salah satunya adalah hak izin akses.

Cara Mengetahui Aplikasi yang Mencuri Data

Dalam mengetahui aplikasi mana saja yang bisa mencuri data kita dengan mengumpulkan semua data yang kita miliki dalam android kita adalah dengan aplikasi keamanan yang bisa didownload dan install melalui Google Play Store. Aplikasi tersebut bernama MyPremissions – Privacy Shield. Ya, seperti namanya, kalau aplikasi android yang satu ini tentunya memerlukan hak izini akses yang mana dapat melindungai segala aplikasi yang memerlukan hak izini akses. Dengan kata lain, aplikasi ini dapat melindungi data privasi kita di dalam smartphone android yang kita miliki.


Kelebihan Aplikasi MyPremissions – Privacy Shield

Aplikasi ini jelas melindungi android dan data-data di dalam smartphone kita. Beberapa keunggulan atau yang bisa dilakukan aplikasi ini adalah sebagai berikut:
·         Memindai aplikasi di android yang menggunakan data;
·         Tidak membutuhkan akses root untuk melakukan kinerja aplikasi;
·         Tampilannya sederhana sehingga sangat mudah digunakan;
·         Dapat melakukan pengecekan aktivitas yang kita gunakan dalam media sosial seperti facebook, Google Account, Twitter, Thoo, Instagram, LinkedIn, dropbox, Flikcr, Path, dan lain sebagainya;
·         Dapat mengizinkan atau menolak izin akses pada suatu aplikasi yang terdownload;

Memindai Aplikasi

Cara kerja aplikasi MyPremissions – Privacy Shield ini yang pertama adalah melakukan pemindaian aplikasi yang ada di dalam smartphone android kamu. Biasnya, aplikasi ini memerlukan waktu kurang lebih sekitar 2 menit untuk melakukan proses pemindaian. Di mana aplikasi ini akan memindai dan menelusuri aplikasi-aplikasi mana saja yang membutuhkan hak izin akses di dalam android kamu, dan memberikan informasi aplikasi mana saja ynag cenderung dapat membahayakan privasi alias yang cenderung dapat mencuri data keamanan kamu.
Dengan begitu, kita bisa mengetahui aplikasi mana saja yang bisa kita curigai dapat mencuri data kita di dalam smartphone android kita.

Mencabut Izin Aplikasi

Aplikasi yang kita download dan install sebelumnya dapat dicabut hak aksesnya pada data-data di dalam smartphone android kita oleh aplikasi MyPremissions – Privacy Shield. Di mana cara kerja dari aplikasi ini akan mencurigai dan melihat apakah terdapat aplikasi yang mencurigakan dan cenderung dapat mencuri data kita, maka hak akses aplikasi tersebut pun dapat dicabutnya dengan aplikasi ini. Nantinya MyPremissions – Privacy Shield, akan memberikan informasi bahwa terdapat aplikasi yang cenderung mencuri data kita. Dengan begitu, kita tinggal cabut hak izin akses pada aplikasi tersebut dengan menekan tombol Revoke.
Namun, jika Anda mempercayai aplikasi yang dicurigai oleh aplikasi MyPremissions – Privacy Shield, Anda tinggal klik tombol Trust.

Itulah cara mengetahui aplikasi mana saja yang cenderung dapat mencuri data-data di dalam smartphone android kamu. Selamat mencobanya.

Artikel Terkait

1 komentar so far


EmoticonEmoticon