Saturday, December 30, 2017

Dampak Positif Dibalik Kekejaman Algoritma Google

Dampak Positif Dibalik Kekejaman Algoritma Google
Dampak Positif Dibalik Kekejaman Algoritma Google

Perubahan Algoritma Google seringkali menjadi sebuah momok di kalangan blogger. Ribuan bahkan jutaan blogger mungkin sudah pernah membahas mengenai dampak buruk ini, dan bagaimana solusi agar tetap aman dari sepak terjangnya.
Nah, kali ini saya akan membahas sesuatu yang berbeda, yakni dampak positif dibalik perubahan-perubahan algoritma tersebut.
Apa saja itu? Selamat menyimak! :)

1. Mindset Blackhat yang Menjadi White hat

Salah satu hal yang paling mendasar adalah mindset. Dengan adanya perubahan Algoritma Google yang dilakukan secara berkala, Mindset buruk seseorang yang semula blackhat, menjadi white hat alias bersih. Bagaimana bisa?
Google merupakan search engine terbesar di dunia dan tentu menjadi yang terdepan dalam menyediakan berbagai fasilitas. Baik itu gratis maupun berbayar.
Seseorang yang telah bergantung pada sesuatu, maka ia akan rela melakukan apa saja untuk mendapat sesuatu itu. Nah Google yang memiliki ratusan miliar pengguna tiap bulannya, tentu menjadi target utama para advertiser maupun blogger yang ingin mendapat hasil memuaskan.
Google bahkan memiliki tim sendiri untuk menghalau spammer dunia, yang tentu juga memiliki aturan main untuk mempermudahnya. Aturan main ini sering disebut dengan Google’s Guidelines yang salah satu poinnya adalah para pengguna fasilitas Google dilarang keras menggunakan teknik blackhat.
Peraturan Google seperti halnya peraturan lain, setiap kali dilanggar maka akan diberi hukuman. Karena itulah para webmaster dipaksa untuk megubah jalan pikiran mereka ke jalan yang benar jika benar-benar ingin mendapat untung dari bisnis yang dijalankan.

2. Search Engine Result Page (SERP) Google Bersih, Persaingan Berlanjut

Setelah poin-poin yang tercantum dalam TOS Google dipatuhi, maka inilah yang akan terjadi -Ya, SERP Google jadi benar-benar bersih! Tak ada lagi perilaku speeding (boosting) ranking satu Google, tak ada lagi situs-situs dengan kualitas rendahan. Yang ada hanyalah persaingan antar para perilaku white hat untuk mendapat ranking satu Google dengan cara yang diperbolehkan.

3. Pencarian Lebih Efisien

Jika benar begitu, maka para pengguna yang mengakses Google sekarang tidak perlu lagi repot-repot kesana kemari karena menemukan halaman yang telah terinfeksi oleh blackhat. Hasil yang ditampilkan terlihat sangat alami, pengguna Google bisa dengan nyaman melakukan apa yang hendak mereka cari tanpa kesulitan. Dan meski sebagian kecil masih lolos dari kejaran Google, tunggu saja dalam beberapa waktu kedepan.. Seberapa jauh ia dapat bertahan.

4. Google Menjadi Semakin Kaya

Bersihnya Google menjadi faktor plus untuk menarik lebih banyak advertiser, blogger, dan webmaster untuk bekerja sama dengan mereka. Google yang telah menjamur di seluruh dunia bahkan bisa menjadi ajang promosi yang sangat menjanjikan. Bisa dipastikan dalam beberapa tahun kedepan mayoritas penduduk dunia akan mengakses Google. Akhirnya Google pun menjadi perusahaan yang memonopoli search engine di dunia.

Bonus: Muncul Lebih Banyak Teknik Blackhat

Sebagian pengguna blackhat mungkin akan beralih pendirian menjadi pengguna teknik white hat, tapi sebagian yang lain tidak. Mereka bahkan menganggap Google sebagai musuh besar yang harus ditaklukkan. Alhasil muncullah inovasi-inovasi baru teknik blackhat dari hasil kreatifitas mereka.

Kesimpulan, Tak Ada yang Dirugikan

Dengan demikian, perubahan Algoritma Google bukan merupakan hal yang perlu ditakuti, karena hanya berlaku bagi para webmaster yang nakal. Diluar itu, pengguna Google bisa melakukan pencarian dengan nyaman, Google menjadi kaya, webmaster mengalami persaingan yang sehat.
Begitu juga dengan para blogger yang membahas hal-hal seperti ini di blognya. Mereka tentu juga ikut berpartisipasi dalam melawan blogger-blogger nakal itu dengan terus melakukan update pada setiap teknik terbaru yang digunakan.
Happy blogging! :)

Artikel Terkait

1 komentar so far


EmoticonEmoticon