Saturday, December 30, 2017

Cara Riset Keyword atau Kata Kunci yang Benar

Sebelumnya, mari sejenak melihat kata-kata kunci yang dibidik oleh para peserta lain di DBN Blogodolar ini.
Cara Riset Keyword atau Kata Kunci yang Benar

  1. Mas Yudi, membidik keyword “Tankless Water Heater Review” dengan tingkat kompetisi medium dan pencarian lokal sebanyak 5400 perbulannya. Keyword ini dibidik menggunakan standar software berbayar Long Tail Pro
  2. Mas Agito, membidik keyword “Baby Crib Bedding Set” dengan tingkat kompetisi tinggi dan pencarian lokal sebanyak 1000 perbulannya. Keyword ini dibidik menggunakan standar tool Google Adwords Targetting Explorer
  3. Mas Wayan, membidik keyword “Bonsai Tree Care” dengan pencarian lokal bulanan sebanyak 3600 perbulannya. Keyword ini dibidik menggunakan standar software berbayar Long Tail Pro -versi Platinum
  4. Gus Adit, membidik keyword “Phen375 Review” degan tingkat kompetisi rendah dan pencarian lokal eksak bulanan sebanyak 5400 perbulannya. Keyword ini dibidik menggunakan standar software Traffic Travis dan software berbayar Long Tail Pro
  5. Mas Syaiful, [menyusul]
Bagaimana saya sendiri ? Keyword apa yang saya bidik ?
Singkatnya, saya membidik keyword utama “Paper Craft” untuk blog niche saya. :)
Awalnya saya bingung tentang apa keyword yang akan saya ambil. Karena setahu saya, keyword utama yang diambil sangat berpengaruh bagi sebuah blog dalam jangka panjang, sehingga pemilihan keyword pun harus dipikirkan baik-baik. Perlu dilakukan apa yang dinamakan analisis terhadap keyword-keyword pilihan agar bisa berdampak panjang.
Nah, jika sebagian besar peserta menggunakan software berbayar untuk menganalisa keyword dari segi kompetitornya, saya sendiri tidak. Saya masih tetap menggunakan dua alat gratis yang mungkin sudah cukup bagi saya.
Apa saja alat itu ? Ini dia.
  1. Google Trends
  2. Google Adwords Targetting Explorer (GAKT)
  3. Tambahan : Plugin SEOQuake dari Mozilla
Kembali ke topik awal, apa alasan saya memilih keyword “Paper Craft” ? Padahal jika saya mau menganalisa lebih jauh lagi, mungkin saya bisa mendapati long tail keyword yang benar-benar fokus pada satu hal yang spesifik.
Jadi begini, awalnya saya memilih keyword “Paper craft for kids” dengan pencarian global maupun lokal yang sangat tinggi, sebesar 33.100 pencarian perbulan.
Namun setelah membaca halaman persyaratan blogodolar, sepertinya saya salah besar. Yang dimaksud oleh mas Yudi disana ialah memiliki jumlah pencarian eksak (persis) diatas 1000. Saya lupa dengan kata ‘eksak’ disini, sehingga terpaksa saya harus memulai dari awal lagi.
Tapi itu bukan berarti saya akan menghilangkan keyword ‘Paper craft for kids‘ dari target saya. Saya hanya akan menambahkannya kedalam keyword turunan. Sehingga bisa disimpulkan bahwa,
  1. Keyword utama : Paper Craft
  2. Keyword turunan : Paper craft ideas, paper crafts for kids, crafts for kids, kids paper crafts, paper crafts, dan papercraft
Lalu apa alasan saya memilih keyword ini ?
Ada 3 hal paling utama yang menjadikan saya memilih keyword satu ini.
  • Keyword “Paper Craft” merupakan keyword berjangka panjang
Jika dilihat dari statistik Google Trends, keyword ini dari tahun ke tahun selalu stabil.
Cara Riset Keyword atau Kata Kunci yang Benar
Dari sini bisa dikatakan bahwa keyword yang saya bidik memangbukan merupakan keyword musiman, melainkan keyword yang berjangka panjang.
  • Keyword “Paper Crafts” memiliki tingkat persaingan rendah dengan pencarian eksak bulanan yang cukup tinggi
Coba Anda lihat hasil yang ditunjukkan oleh GAKT saat saya memasukkan keyword ini disana. (bukan eksak)
Terdapat pencarian lokal eksak bulanan sebanyak 2.600 lebih dengan tingkat kompetitor yang tergolong rendah (eksak) menjadi sebuah peluang besar bagi saya untuk menguasai SERP. Dan hasil akhirnya, saya mendapati banyak dolar mengalir ke akun paypal saya.
Yah.. Semoga saja. ;)
  • Keyword “Paper Crafts” bukan sesuatu yang asing, namun sebaliknya, familiar
Bagian ini yang paling saya suka. Tahu kenapa ?
Satu hal, Karena keyword  ini sudah familiar di telinga tiap keluarga. Sehingga bukan hanya anak-anak saja yang membangun kreativitas mereka, melainkan semua orang juga bisa melakukannya. Paper craft yang saya maksud disini juga bukan tentang hanya melipat kertas lipat, namun bisa juga dikembangkan menjadi sesuatu yang baru.
Saya memang bukan seorang ahli dalam hal ini, tapi minimal bisa-lah..
Saya tak mau memaksakan diri mengambil niche dimana disitu saya tak bisa mengembangkannya lebih lanjut. Untuk itu target di DBN kali ini, semua tulisan akan saya tulis dengan bahasa dan gaya sendiri, sehingga hasil yang saya dapat pun benar-benar pure dari saya, bukan yang lain.
***
Semua kemungkinan adanya resiko untuk sementara masih saya tampung. Bagian ‘apa teknik yang saya pilih untuk memonetisasi blog niche ini’ mungkin akan saya bahas lain waktu di seri DBN yang lain, Insya Allah.

Artikel Terkait

1 komentar so far


EmoticonEmoticon