Sunday, January 28, 2018

Cara Mendapatkan Windows 10 Fall Creator Update

TEKNOSMASH - Mungkin sebagian besar orang sudah mengetahui kalau Update dari Windows 10 telah dirilis pada tanggal 17 Oktober 2017 kemarin yang sebelumnya sudah melakukan banyak kampanye dan uji coba di beberapa tempat. 

Update dari Windows 10 ini dinamakan Windows 10 Fall Creator Update yang mana memiliki banyak fitur tambahan dan lebih sempurna. Tentunya, hal ini makin banyak orang yang memburunya dengan cara-cara tertentu. Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana cara mendapatkan Windows 10 Fall Creator Update.


Pihak Microsoft pernah mengatakan bahwa Build yang telah dirilis ke Release Preview Ring ini telah diluncurkan secara perlaham atau bertahap. Jadi, kalau Anda belum bergabung, tenag saja, karena Update akan selalu tersedia, meskipun dilakukan secara bertahap.


Sebelumnya, kita kasih sedikit informasi mengenai Windows 10 Fall Creator Update. Windows ini memiliki beberapa fitur yang salah satunya adalah Feature Mixed Reality. Dari namanya saja sudah ketebak kalau Microsoft telah menggunakan aplikasi berbasis mixed reality. 


Jadi, bisa dikatakan kalau Windows 10 Fall Creator Update ini adalah pengawal dalam sejarah teknologi yang menggunakan aplikasi berbasis Mixed Reality.


Nah, langsung saja deh kita bahas soal bagaimana cara mendapatkan Windows 10 Fall Creator Update.


Sudah Terdaftar


Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah mendaftar di Windows Insider Program. Jika belum terdaftar, maka kita tidak bisa mendapatkan Windows 10 Fall Creator Update melalui Release Preview Ring. Di dalam pendaftaran nanti, akan ada tiga pilihan atau cara di antaranya adalah Fast Ring, Slow Ring, dan Release Preview Ring. 


Langkah pendaftaran ini tujuannya adalah untuk mengakses update driver terbaru pada windows.


Dengan melakukan akses, maka keuntungan lainnya adalah bahwa akan ada perbaikan keamanan dan pembaruan lainnya. Dan tentunya, cara ini bisa digunakan untuk mendapatkan Windows 10 Fall Creator Update.


Sebenarnya, untuk mendapatkan Windows 10 Fall Creator Update melalui Release Preview Ring ini tidak jauh berbeda dengan cara menggunakan fast/slow ring.


Mendapatkan Windows 10 Fall Creator Update dengan Fast/Slow Ring


Sebelum melakukan cara ini, sebaiknya Anda backup data terlebih dahulu. Hal ini diperlukan untuk antisipasi jika nantinya mengalami kegagalan dalam sata meng-install. Jika gagal install, biasanya data akan terhapus dan hilang. 


Jika sudah mendaftar, dan sudah mendapatkan update Build 16299.15 terlebih dahulu lalu keluar dari Windows Insider Program. Lalu, ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:


  •  Buka ‘Setting’
  •  Klik 'Update & Security
  • Klik 'Windows Insider Program'
  • Klik Tombol'Get Started'

Nanti akan muncul kotak perintah yang fungsinya untuk menambahkan akun.

  •  Klik ‘Link an Account’
  •  Klik ‘Continue’

Akan muncul kotak dialog yang berisi ‘What kind of content would you like to receive?’

  • Pilih dan klik ‘Active development of Windows’
  • Klik ‘Confirm’

Tombol ‘confirm’ akan muncul dua kali. 

Tetap klik ‘confirm’ untuk yang kedua kalinya.


  • Klik ‘Restart’

Tunggulah proses PC Anda bekerja untuk melakukan booting atau restart. Jika sudah menyala, Anda bisa melanjutkan langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Buka ‘Setting’


  • Klik ‘Update & Security’


 • Klik‘Windows Insider   Program’


Nanti akan muncul kotak dialog perintah yang berisi ‘What pace do you want to get new builds?’ 


Di sini, Anda bisa memilih cara antara ‘Fast’ atau ‘Slow’.


  • Klik ‘Windows Update’
  • Klik ‘Check for Updates’

Tunggulah Windows Anda bekerja dan mendeteksi build baru di dalamnya. Build baru ini yaitu Windows 10 Insider Preview Build 16299.15 (build RTM Windows 10). Tunggu dan biarkan windows Anda bekerja untuk melakukan proses download dan dilanjutkan proses instalasi sampai selesai. Umumnya, download dan instalasi ini memakan waktu 2 sampai 3 jam, tergantung dari kecepatan internetnya.

Cara Mendapatkan Windows 10 Fall Creator Update dengan Release Preview Ring


Sama halnya seperti mendapatkan Windows 10 Fall Creator Update menggunakan Fast atau Slow Ring. Seperti biasa, Anda harus melakukan backup data terlebih dahulu untuk antisipasi kehilangan data nantinya saat melakukan proses instalasi jidak gagal melakukannya.


Langkah mendapatkan Windows 10 Fall Creator Update menggunakan Release Preview Ring sebenarnya sama dengan yang di atas, perbedaannya terletak pada pemilihan setelah melakukan ‘Link an Account’. Setelah klik ‘Link an Account’, selanjutnya adalah sebagai berikut:


  • Pilih Menu ‘Just Fixes,    Apps, And Driver’
  • Klik ‘Confirm’

Dan langkah berikutnya sama seperti langkah mendapatkan Windows 10 Fall Creator Update menggunakan fast/slow ring.

Itulah informasi cara mendapatkan dan meningkatkan Windows ke Windows 10 Fall Creator Update. Namun, jika Anda tidak memiliki niat untuk melakukan update, sebaiknya Anda bisa tinggalkan Program Insider agar windows Anda tidak ditingkatkan secara otomatis.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon