Saturday, December 30, 2017

Guest Blogging, Teknik SEO Terbaik Tiap Zaman

Ada yang belum mengenal Guest blogging?

Guest Blogging, Teknik SEO Terbaik Tiap Zaman

Guest blogging, berarti ngeblog untuk orang lain. Dalam artian jika menjadi Guest blogger, Anda akan menulis untuk blog orang lain. Imbalannya, Anda akan mendapat sebuah link back ke blog Anda tergantung syarat dan persyaratan yang telah disetujui sebelumnya. Baik didalam konten, maupun pemberian credit tersendiri melalui author box. Lalu, bagaimana bisa hal ini menjadi Teknik SEO terbaik tiap zaman?

Kembali ke prinsip dasar, bahwa semakin banyak link yang mengarah ke sebuah blog, maka Google semakin senang untuk memberi posisi bagus di SERP-nya. Karena pada mulanya, semakin banyak sebuah blog di linkback, berarti kualitas blog tersebut semakin bagus.

Namun setelah panda dan penguin keluar, maka yang ada hanya situs berkualitas dengan backlink natural saja yang akan mendapatkanya. Guest Blogging Dengan guest blogging, maka link yang Anda dapat akan benar-benar natural. Dan jika Guest blogging dilakukan dengan benar, maka tidak hanya itu yang Anda dapat, melainkan beberapa keuntungan ini juga.

  • Trafik meningkat
  • Secara tidak langsung membantu proses personal branding
  • Menambah jumlah pelanggan RSS
  • Menunjukkan seberapa jauh kemampuan Anda
  • Jika digunakan untuk bisnis, nilai penjualan akan meningkat.
  • Dan masih banyak lagi…
Yang Harus Anda Hindari dalam Guest Blogging Sadari saja, setiap hal selalu ada kekurangannya. Berikut hal-hal yang harus Anda hindari saat melakukan teknik Guest Blogging, Guest Blogging secara berlebihan Semua yang berlebihan, pasti tidak baik. Setidaknya itu sudah cukup mewakili yang saya sebut di poin ini. 

Guest blogging, sebaik apapun teknik ini, jika dilakukan secara berlebihan jelas akan meninggalkan jejak link pattern yang dicurigai Google. Apalagi sejak zaman Penguin, Link-link tersebut akan dianggap spam yang akhirnya akan berdampak buruk bagi Anda sendiri. Guest Blogging hanya untuk mempromosikan diri Bulatkan niat bahwa Anda ikhlas menulis untuk blog orang lain, setidaknya saat Anda mulai menulis kontennya. 

Meski pada akhirnya Anda memang menginginkan keuntungan-keuntungan tersebut, yang jelas hal ini bisa mengurangi kecurigaan pemilik blog. Ya, benar. Sebagian besar blog besar yang menerima guest post akan memberikan aturannya yang super ketat. Selain itu belum lagi proses tahapan review baik oleh pemilik blog maupun editor blog tersebut. 

Jika sampai ketahuan Anda menanam banyak link serta konten-konten yang berfungsi hanya untuk mempromosikan diri atau produk yang dijajakan, maka tak menutup kemungkinan hubungan Anda dan blog tersebut putus. Akhirnya Anda tidak lagi bisa mendapatkan izin untuk menulis kembali di blognya. 

Penyalahgunaan Author Bio

Biasanya pemilik blog menyediakan kotak penulis sebagai imbalan, dan biasanya pula para pemburu backlink akan menggunakan kesempatan ini untuk mengoptimasi SEO blog mereka. 

So jangan sekali-kali me-linkback blog Anda dengan exact anchor keyword blog Anda, karena bisa-bisa Google akan menganggapnya sebagai manipulasi link building. Sedikit Tips Saat Guest Blogging Selain dihindari, ada pula beberapa tips yang mungkin bisa lebih menguntungkan Anda saat menjadi Guest blogger. Apa itu?

Diversity

Diversity is the key.
Ya, keragaman adalah kuncinya. Google sangat tidak suka dengan blog yang hanya mendapat backlink dari blog itu-itu saja. Apalagi hanya satu blog dummy. Hal itu tentu sangat tidak etis dimata Google dan memaksa mereka menganggap blog Anda spam belaka. 

Memberikan blog Anda sedikit dan teratur backlink dari banyak sumber saya katakan jauh lebih baik ketimbang banyak backlink dari satu sumber. So sangat disarankan untuk menjadi guest blogger tidak hanya di satu blog saja. 

Relevan Meski telah menjadi Guest blogger di banyak blog besar, berapa banyak keuntungan bila blog besar tersebut tidak relevan dengan topik blog Anda? Maksud saya, bila topik Anda obat kosmetik, apa serta merta Anda akan memaksakan diri menulis untuk blog bertopik alat-alat berat? Meski ranking mengejutkan sekalipun? Saya kira tidak. 

Jadi pastikan Anda memilih blog yang tepat untuk sasaran Guest blogging. Apa ciri-cirinya? Mungkin akan saya bahas lain kali. Stay tune! Regular Bagian ini optional, meski cukup disarankan agar mendapat lebih banyak trustdari Google. Di zaman panda Anda mengenal bahwa saat mendapat ratusan ribu backlink dalam beberapa waktu saja akan mengundang kecurigaan Google, begitu juga saat Guest blogging. 

Anda menyebarkan link dengan menulis untuk banyak blog-blog besar, lalu tiba-tiba aliran backlink berhenti berhubung Anda hanya menuliskan satu saja postingan di masing-masing blog. Semakin lama link-link ini jelas akan meninggalkan jejak yang dapat dideteksi Google dan para algoritmanya. Jadi saran saya, jika benar ingin membuktikan kinerja Guest blogging, buatlah sebuah time management beserta daftar blog yang menjadi sasarannya. 

Tulis juga di tanggal berapa saja Anda menulis disini, disini, atau disini, dan sebagainya. Hal itu akan membuat Anda benar-benar memikat hati mesin pencari terbesar ini. *** Oke, mungkin cukup sekian saja artikel tentang teknik SEO terbaik tiap zaman, Semoga Bermanfaat! Bagaimana menurut Anda?

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon