Sunday, March 12, 2017

Cara Menyimpan Screenshot Full Page di Android

Cara menyimpan screenshot panjang di Android. Biasanya, screenshot dilakukan dengan menekan kombinasi tombol secara bersamaan. Misalnya tombol Power + Home atau Power + Volume Down ini tergantung dari merk Android. Dan ini dilakukan ketika Anda menemukan informasi pada halaman website atau obrolan di sosial media melalui Android, yang mungkin menurut Anda itu sangat penting.

Namun, masalahnya Anda ingin sekali menyimpan screenshot dengan halaman penuh. Sementara, ukuran layar Android yang terbatas mengharuskan Anda untuk menggulir layar ke berbagai arah supaya halaman tampak penuh. Selain hasil screenshot bakal terpotong-potong, hal ini juga sangat merepotkan.

Saat ini beberapa smartphone Android keluaran terbaru, sudah dilengkapi dengan fitur 'long screenshot'. Lalu bagaimana dengan Android yang tidak dilengkapi fitur tersebut? Apakah masih bisa membuat screenshot panjang? Tentu bisa. Berikut rekomendasinya.

Cara Menyimpan Screenshot Halaman Penuh di Android

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan layanan website Screen Capture atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi tambahan. Banyak aplikasi tersedia di google play store secara gratis. Namun, masalahnya aplikasi apa yang kita butuhkan. Oke langsung saja ke TKP.

1. Menyimpan Screenshot Panjang dengan Aplikasi Scroll Capture for Web
Cara Menyimpan Screenshot Full Page di Android

  • Pasang aplikasinya pada smartphone Android Anda, lalu tulis alamat website yang ingin Anda screenshot.
  • Selanjutnya, Tap pengaturan (ikon roda bergerigi) di sudut atas layar dan silahkan atur kualitas gambar sesuai keinginan Anda.
  • Terakhir, Untuk menyimpan screenshot panjang, lakukan tap pada ikon kamera yang ada di bagian layar paling bawah. Selesai.

2. Menyimpan Screenshot Panjang dengan Layanan Screen Capture
Cara Menyimpan Screenshot Full Page di Android

  • Pertama-tama cari website yang ingin Anda screenshot.
  • Lalu salin link web tersebut (untuk memunculkan ikon salin, tap link web dan tahan beberapa saat).
  • Selanjutnya, kunjungi Ctrlq.org/scrennshots/ melalui browser Android, kemudian Anda akan menemukan kotak link kosong pada screen capture.
  • Tap kotak link tersebut dan tahan beberapa saat hingga muncul ikon Paste dan lakukan tap. 
  • Berikutnya, Tap Tombol Capture Screenshot lalu unduh deh dengan men-tap tombol download.
  • Terakhir, pergi ke galeri untuk melihat hasilnya.

Gimana nih, sangat mudah bukan? Nah, sekarang giliran Anda untuk mencobanya, semoga berhasil membuat screenshot panjang di Android ya!

Baca juga : Cara Memunculkan File Foto dan Video Yang Tersembunyi di Android

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon