Monday, March 13, 2017

Cara Membuat Ponsel Android Jadi Supprot OTG

Apakah Android Anda sudah support otg? Anda berkeinginan untuk membuat ponsel Android jadi support otg? Dengan usb otg kita bisa mendapatkan berbagai macam keuntungan, diantaranya untuk menambah memori internal, memori eksternal, memindahkan data ke flash drive, melakukan print di Android, bahkan lebih dari itu. Untuk mengetahui support atau tidak, maka Anda bisa melakukan cek dengan melihat dus kemasan produk Android atau bisa juga dengan melakukan pencarian lewat google dengan kata kunci 'Spesifikasi selanjutnya tulis type smartphone Android Anda'.

Biasanya, smartphone keluaran terbaru sudah support otg. lalu bagaimana dengan smartphone jadul? Nah, jika Android Anda belum supprot otg, maka Anda bisa membuat Android jadi support otg dengan mudah. Namun, terlebih dahulu Android harus dalam keadaan sudah di root. Selanjutnya, Anda bisa menggunakan aplikasi ‘USB Host Check’ yang bisa Anda pasang lewat google play store.

Cara Membuat Ponsel Android Jadi Supprot OTG
Sumber gambar : Google play store

Cara Cek Ponsel Android Supprot OTG atau Tidak

Aplikasi ini dapat melihat apakah Android supprot otg atau tidak. Jika saat Anda menjalankan aplikasi USB Host Check menemukan ikon kali dengan warna merah pada file android.hardware.usb.host.xml, maka bisa dipastikan Android tidak supprot otg, namun jangan khawatir! Aplikasi ini bisa membuat Android menjadi support otg dengan langkah-langkah sebagai berikut.

Cara Membuat Ponsel Android Support OTG

  1. Seperti yang telah disampaikan oleh jalantikus.com. Pertama-tama Buatlah file android.hardware.usb.host.xml lewat aplikasi notepad di PC/laptop, dengan isi file kode seperti berikut.
    <?xml version=“1.0” encoding=“utf-8”?>
    <permissions>
            <feature name=“android.hardware.usb.host” />
    </permissions>
  2. Lalu simpan dengan tipe file .xml dan format All file.
  3. Kemudian pindahkan file tersebut pada smartphone Android pada folder etc/permission.
  4. Selanjutnya, buka aplikasi USB Host Check lalu Tap re-check.
  5. Selesai.
Selamat!
Jika Anda melakukannya dengan benar dan tidak ada kesalahan, maka Anda sudah berhasil membuat Android supprot usb otg.

Kesimpulan: Sebelum membuat Android support otg, pastikan Anda telah melakukan cek Android dengan aplikasi USB Host Check. Jika Android sudah supprot otg, maka Anda tidak perlu memasang aplikasi ini. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Cara Membuat Ponsel Android Menjadi Modem USB dan WiFi

Artikel Terkait

1 komentar so far

sip ini min, makasih sudah mau share
dan semoga berhasil anee
solder uap


EmoticonEmoticon