Friday, July 28, 2017

"Google Play Protect" Tool Baru Cegah Malware di Aplikasi Android

Apakah aplikasi android Anda terinfeksi malware?… Ingin tahu cara mencegah aplikasi android agar tidak terinfeksi malware?… Berhubung dengan banyak munculnya aplikasi di google play store sebagai tempat download aplikasi android resmi. Hal ini tidak menutup kemungkinan adanya serangan aplikasi jahat atau malware yang menyebabkan aplikasi play store tidak aman. Maka dari itu Anda sebagai pengguna hp android harus betul-betul jeli saat memasang ataupun memperbarui aplikasi di android.

Beberapa waktu yang lalu google meluncurkan sebuah tool terbaru yang diberi nama "Google Play Protect". Tool ini diharapkan bisa mencegah aplikasi android agar tidak terinfeksi malware, namun perlu Anda ketahui tool ini hanya dapat digunakan untuk mengidentifikasi langsung dari play store. Bukan dari aplikasi seperti aplikasi apk yang anda download dari situs lain.

Cara Mencegah Malware di Aplikasi Android
Cara Mencegah Malware di Aplikasi Android

Cara Mencegah Apliksi Android Agar Tidak Terinfeksi Malware

Cara kerja google play protect sangat sederhana, saat aplikasi mulai Anda download tool ini akan bekerja untuk memindai, tool ini juga dapat memindai android milik Anda secara berkala, dan jika ditemukan aplikasi yang mencurigakan sebagai malware, maka Google play protect akan memberikan peringatan untuk menghapus dan menghentikan aplikasi tersebut, bahkan jika ancaman malware telah terdeteksi tool akan menghapus aplikasi secara otomatis.
Lihat juga Cara Ampuh Menghilangkan Virus Tanpa Aplikasi di Android

Nah, untuk mengantisipasi aplikasi android terinfeksi malware Anda bisa mempraktekan 3 metode mudah berikut ini.

Metode 1 : Cek Aplikasi Android Apakah Sudah Disusupi Malware atau Tidak

Silahkan Anda pastikan melalui daftar aplikasi yang baru saja di scan, dengan cara tap pengaturan -> Google -> Keamanan -> Google Play Protect. Jika muncul pemberitahuan "Looks good (No harmful apps found)" itu menandakan bahwa android aman dan terbebas dari aplikasi yang terinfeksi malware.

Metode 2 : Cek Ulang Aplikasi Sebelum di Unduh

Dengan tersedianya tool baru google play protect di android, maka setiap aplikasi yang Anda unduh dari play store akan menampilkan logo verifikasi di bagian bawah aplikasi dengan tulisan "Verified by Google Play Protect" artinya aplikasi tersebut aman dan terbebas dari adanya malware.

Metode 3 : Periksa Kembali Setelah Aplikasi di Update

Silahkan periksa kembali aplikasi tertentu setelah di perbarui, jika muncul tulisan "No problems found" setelah Anda memperbarui aplikasi, maka dapat dipastikan aplikasi android tersebut aman dari ancaman malware.

Dengan 3 metode di atas semoga Anda dapat mengantisipasi aplikasi android dari aplikasi yang ada malware nya.

Artikel Terkait