Sunday, March 19, 2017

Cara Ampuh Menghilangkan Virus Tanpa Aplikasi di Android

Cara menghilangkan virus di Android mungkin masih menjadi pertanyaan yang selalu ada dalam ingatan pengguna Android. Apalagi jika Anda seorang yang pemula. Hal ini tentu saja akan membuat Anda sedikit khawatir dan membuat ragu untuk menginstal sebuah program bahkan untuk menyimpan file pada ponsel Android kesayangan Anda.

Anti virus dan melakukan factory reset menjadi cara yang paling sering digunakan oleh para pengguna Android. Namun, terkadang memasang anti virus bukannya menghilangkan virus di Android malah menjadikan nya sebagai bomerang.

Sedangkan melakukan factory reset, meskipun cara ini ampuh untuk menghilangkan virus di Android. Namun, beresiko kehilangan semua data yang sudah terpasang atau pun tersimpan di dalam ponsel. Jadi, sebelum melakukannya Anda harus memback up data-data penting terlebih dahulu, dan ini tentu akan sangat merepotkan.

Cara Ampuh Menghilangkan Virus Tanpa Aplikasi di Android

Hal ini lah yang sebenarnya sangat dibutuhkan. Selain tidak membuat repot juga tidak akan beresiko pada ponsel Android.

Bagaimana Cara Menghilangkan Virus Tanpa Aplikasi di Android ?

Mudah saja Anda hanya tinggal memanfaatkan safe mode yang sudah tersedia di dalam sistem Android. Untuk lebih jelasnya bisa Anda ikuti ulasan di bawah ini:.

Cara Masuk ke Safe Mode di Android

  1. Matikan Hp Android lalu diamkan beberapa saat, dan selanjutnya hidupkan kembali.
  2. Selanjutnya pada saat Hp Android dihidupkan kembali, tekan tombol Vol Down.
  3. Safe Mode pun akan tampil di bagian bawah kanan layar Android. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar di atas!.
  4. Terakhir kamu bisa leluasa melakukan pembersihan virus melalui safe mode, jika memang Hp Android kamu terserang virus. 
    Cara Ampuh Menghilangkan Virus Tanpa Aplikasi di Android

Cara Menghilangkan Virus dengan Memanfaatkan Safe Mode di Android

  1. Masuk Ke Safe Mode - Masuk ke safe mode akan memungkinkan system android beroperasi lebih ringan karena hanya akan menjalankan aplikasi inti. Saat berada di safe mode semua aplikasi yang kamu install akan hilang, namun ini hanya berlaku sementara yaitu saat smartphone android di dalam kondisi safe mode saja. Jadi, pada saat safe mode kamu akan dapat dengan leluasa berpindah dan menjalankan aplikasi sesuka hati tanpa kendala, selain itu kamu juga dapat mengecek atau membersihkan file-file tidak penting seperti file chace.
  2. Cek Aplikasi di Safe Mode - Saat berada dalam posisi atau kondisi safe mode, silahkan cek aplikasi yang terinstal di dalam Smartphone Android. System di safe mode akan menghilangkan semua daftar aplikasi pihak ketiga dan membantu menghilangkan virus android. Namun, virus termasuk juga pada sistem, hal ini akan membuat virus terlihat sebagai aplikasi pihak ketiga yang bisa mengoperiskan fungsi system. Jika smartphone kamu terinfeksi virus, maka akan muncul aplikasi mencurigakan yang tidak pernah kamu instal mau pun simpan di dalam smartphone android.
  3. Hapus Aplikasi Mencurigakan - Jika sudah menemukan aplikasi mencurigakan, maka sebaiknya klik aplikasi tersebut dan pilih hapus (uninstall). Pada suatu kasus kamu akan menemukan aplikasi mencurigakan yang tidak dapat dihapus, hal ini disebabkan adanya akses administrator yang disalurkan dari aplikasi mencurigakan tersebut.
  4. Hapus Akses Administrator Aplikasi Mencurigakan - Saat menemukan aplikasi mencurigakan yang memberikan akses administrator pada dirinya sendiri, yang harus dilakukan adalah menghilangkan akses administrator aplikasi tersebut. Dengan cara masuk ke application settings- security- device administrator. Kemudian hilangkan akses administrator aplikasi mencurigakan, lalu kembali kepengaturan aplikasi dan periksa kembali aplikasi mencurigakan terkait dan uninstall.
  5. Keluar dari Safe Mode - Jika kamu telah selesai melakukan penghapusan terhadap aplikasi mencurigakan, selanjutnya adalah keluar dari safe mode dengan merestart smartphone android.

Kesimpulan: Cek aplikasi mencurigakan dengan lebih teliti, jangan terburu-buru menghapus aplikasi yang belum tentu itu adalah virus. Demikian beberapa langkah untuk menghilangkan virus di android. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Cara Root Hp Android Semua Tipe Cepat dan Aman 100% Work

Artikel Terkait

1 komentar so far


EmoticonEmoticon