Monday, July 24, 2017

Waspada! 5 Tanda Ini Bisa Menjadi Penyebab Ponsel Android Terkena Virus

Bagaimana cara mengetahui ciri-ciri hp sedang terkena virus?... Inilah tanda-tanda hp android terkena virus seperti virus malware, trojan, virus iklan, virus baterai android dan lainnya. Virus ini biasanya menyebar melalui jaringan seperti internet, bluetooth dan lainnya. Salah satu contoh, saat Anda mengunjungi beberapa situs di internet, lalu menemukan pesan peringatan seperti "awas android anda terinfeksi virus" dan untuk mengantisipasinya adalah dengan tidak meneruskan membuka situs tersebut atau tekan tombol back saja.

Tanda-tanda hp android terkena virus biasanya performa android akan menurun alias hp android menjadi lambat, android sering hang dan baterai android pun menjadi boros. Lakukan cek virus dengan aplikasi antivirus seperti AVG antivirus security, Avast mobile security, Kaspersky internet security ataupun yang lainnya bisa anda cari di google play store. Kemudian pasang aplikasi antivirus lalu lakukan scanning dan tunggu proses pendeteksian virus hingga selesai. Jika ditemukan virus langsung saja Anda bersihkan.
Lihat juga cara ampuh menghilangkan virus di android tanpa aplikasi

Inilah 5 Tanda Hp Android Terkena Virus Wajib Anda Ketahui

Virus memang menjadi momok yang paling menakutkan untuk setiap makhluk yang bernyawa, tidak terkecuali hp android. Gadget yang satu ini juga bisa terkena virus, apalagi saat ini para penjahat cyber menjadikan hp android sebagai target mereka. Lalu, bagaimana dengan hp android yang Anda gunakan apakah sudah terkena virus malware? Untuk lebih jelasnya berikut tanda-tanda hp android terkena virus, seperti yang telah dilansirkan oleh jalantikus.com.

Waspada! 5 Tanda Ini Bisa Menjadi Penyebab Ponsel Android Kamu Terkena Virus

1. Performa Android Menurun

Tanda android terkena virus yang paling signifikan adalah turunnya performa hp android yakni menjadi lemot, lambat, kalau urang sunda bilang “letoy” alias tidak bertenaga. Contohnya saat membuka aplikasi tertentu hp android loading terus dan ujung-ujungnya android hang.

Atasi dengan menghapus chace, caranya tap pengaturan > drag layar ke bawah lalu tap penyimpanan > chace data > OK.

2. Baterai Android Menjadi Boros

Android gampang habis baterai alias boros meskipun penggunaannya dalam batas normal, mungkin ada aplikasi yang berjalan di background dan ini bisa saja menjadi tanda hp android Anda terkena virus.

Untuk mengatasinya segera cek list daftar aplikasi android melalui tap pengaturan > manager aplikasi, selanjutnya Anda periksa dengan detail setiap ada aplikasi asing yang mencurigakan dan jika sudah yakin virus sebaiknya di hapus saja.

3. Kuota Internet Gampang Habis

Paket data mudah habis ini juga merupakan salah satu ciri hp android terkena virus. Lakukan atau cek aplikasi apa saja yang menghabiskan paket data internet Android dengan cara sebagai berikut ini.

Tap pengaturan > data usage. Nah, dari sini Anda bakal mengetahui aplikasi yang banyak menyedot kuota, jika aplikasi yang jarang digunakan tampil di daftar paling atas sebaiknya di hapus saja, namun jika aplikasi tersebut sering digunakan, bisa Anda biarkan saja.

4. Sering Muncul Iklan Pop-pup

Munculnya iklan pop-pup saat membuka aplikasi game mungkin hal yang wajar, namun jika iklan tersebut selalu muncul saat membuka aplikasi apa saja di Android bisa menjadi tanda hp android terkena virus.

Solusinya adalah dengan tidak mengklik iklan tersebut, karena bisa saja iklan tersebut merupakan salah satu cara peretas mengambil informasi penting dari hp android milik Anda.

5. Munculnya Redirect Malware

Terakhir tanda hp android terkena virus munculnya redirect malware, mungkin Anda pernah melakukan browsing atau mengoperasikan salah satu aplikasi di Android lalu muncul recirect ke situs yang mencurigakan, hati-hati! Sebab bisa saja itu malware.

Cara mengatasinya adalah dengan memeriksa daftar aplikasi di hp android melalui tap pengaturan > manager aplikasi dan jika ditemukan aplikasi yang mencurigakan sebaiknya Anda hapus.

Itulah 5 tanda hp Android terkena virus yang wajib Anda ketahui. Nah, jika Anda menemukan tanda-tanda lain selain di atas, Anda bisa tulis pada kolom komentar di bawah ini! Tetap waspada dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait