Wednesday, February 7, 2018

Cara membuat judul di Microsoft Excel Tidak Bergerak Saat Digeser

Teknosmash - Cara membuat judul di Microsoft Excel tidak bergerak saat digeser ke bawah sangatlah mudah dilakukan. Kita melakukannya dengan menggunakan salah satu fitur yang dimiliki Excel yaitu fungsi Freeze Panes.
Fungsi Freeze Panes ini merupakan salah satu fitur Excel yang mana memiliki fungsi untuk mempermudah kita jika kita ingin melihat judul saat lembar kerja digeser atau di-scroll ke bawah maupun ke atas. Fungsi ini akan membiarkan beberapa bagian area kerja atau sel akan tetap terlihat alias diam sepertinya namanya ‘Freeze’ ketika kita menggeser lembar kerja pada microsoft excel.

Tentunya hal ini sangatlah membantu kita dalam memasukan data, jika lembar kerja terlalu banyak dan panjang hingga ke bawah. Jika kita tidak menggunakan fitur Freeze Panes, maka kita akan kesulitan memasukan daat saat di-scroll ke bawah maupun ke atas karena judlu kolom pada tabel maupun baris tidak akan terlihat. Tentunya mempersulitkan kita memasukan data dalam pekerjaan kita.

Fungsi ini akan membantu para pekerja, khususnya admin, sekretaris, bendahara, maupun akuntan dalam perusahaan, ketika ia ingin memasukan data pada Excel.
Masih banyak orang atau pengguna Microsoft Excel yang masih bingung dan kesulitn dalam memasukan dan melihat sebuah data pada lembar kerja Excel. Data tersebut bisa berupa rincian suatu perhitungan atau daftar-daftar yang sangat panjang sekali.
Jika ada judul atau hal penting di dalam lembar kerja Excel yang ke bawah atau ke samping, kita tidak akan bisa melihatnya lagi ketika kita geser ke samping atau ke bawah. Di sinilah fungsi Freeze Panes bekerja untuk Anda.

Cara Menggunakan Fitur Freeze Panes


Berikut ini adalah langkah-langkah dalam menggunakan fungsi Freeze Panes dalam Microsoft Excel untuk memperlihatkan judul atau bagian penting dalam lembar kerja, ketika kita scroll ke bawah atau ke samping. Caranya sangatlah mudah!

   1.Atur tampilan pada lembar kerja hingga pada bagian kepala tabel terlihat pada bagian atas.

   2.Klik pada bagian sel yang mana sel tersebut merupakan sel awal yang bisa digeser atau di-scroll ke bawah atau ke samping. Maksudnya adalah, bahwa sel dalam deretan di atas dan di kiri sel yang dipilih tersebut akan dibekukan alias Freeze;


   3.Jika Anda menggunakan Microsoft Excel 2010 ke bawah, Anda klik Tab view, lalu carilah pada bagian group menu Windows, klik Freeze Panes, pilih Freeze Panes lagi. Berikut ini adalah penjelasan dari ketiga pilihan tersebut:

a.      Freeze Panes. Untuk membekukan pada bagian yang dipilih tadi;
b.      Freeze Top Row. Untuk membekukan baris yang paling atas saja;
c.       Freeze First Column. Untuk membekukan pada kolom pertama saja.


Warna merah muda adalah bagian sel yang dibekukan.

   4.Selesai. Sekarang Anda bisa geser atau scroll ke bawah atau ke samping tapi masih bisa melihat bagian yang dibekukan seperti judul contohnya.
Bagaimana? Cukup mudah bukan? Jadi, Anda sudah tidak perlu lagi menggeser-geser terus ke samping, ke atas, ke bawah, ke atas lagi, ribet deh pokoknya. Cukup bekukan bagian terpenting alias bagian yang dibekukan dengan menggunakan Freeze Panes, maka judul di Excel bisa terlihat walaupun digeser-geser. 

Anda juga bisa mengembalikan seperti semula alias menghilangkan pembekuan dengan langkah yang sama seperti yang di atas dengan klik Unfreeze Panes pada bagian yang sama seperti di atas. Selamat mencoba dan selamat berbagi ilmu pengetahuan komputer. 

Artikel Terkait

1 komentar so far


EmoticonEmoticon