Wednesday, July 5, 2017

2 Cara Mudah Memindahkan Aplikasi Android Ke Sd Card Tanpa Root

Memori internal android tidak cukup ruang?… Ingin memindahkan semua aplikasi android ke kartu sd?… Hal ini biasanya lebih mudah dilakukan setelah hp android di root terlebih dahulu. Namun, Jika Anda takut untuk ngeroot hp android, maka memindahkan aplikasi android tanpa root bisa juga Anda lakukan. Hp android saya juga belum pernah di root, suatu hari saya pernah menerima pemberitahuan bahwa “…memori tidak cukup ruang…” dan ini terjadi pada saat saya akan memasang aplikasi di hp android. Kemudian saya pun memindahkan semua data yang ada di memori internal ke memori eksternal dan berhasil. Kini aplikasi pun terpasang dan bahkan performa android pun lebih cepat dari sebelumnya.

Cara memindahkan aplikasi android ke sd card tanpa root versi www.teknosmash ini sangat sederhana sekali, dan ini bisa dilakukan pada semua jenis hp android seperti samsung, lenovo, xiaomi dan masih banyak lagi. Apalagi jika hp Android menggunakan OS 4.1.1 ke atas yang sudah tersedia fitur “…pidahkan aplikasi…”. Namun, tidak semua aplikasi bisa Anda pindahkan ke sd card, aplikasi tersebut hanya melekat pada memori internal saja.

Cara Memindahkan Aplikasi Android Ke Kartu Sd Tanpa Root

Ada 2 metode yang telah teknosmash rangkum untuk memindahkan aplikasi android ke kartu sd tanpa root. Seperti biasa Anda bisa menjalankan tutorialnya tanpa aplikasi maupun dengan bantuan aplikasi dari google playstore seperti “…Link2SD…”. Nah, untuk lebih jelasnya bisa Anda simak di bawah ini.

cara memindahkan aplikasi android ke sd card tanpa root

Metode 1: Memindahkan Aplikasi Melalui Fitur Bawaan di Android

Cara yang pertama ini cukup mudah karena telah tersedia di android, Anda tinggal menuju ke pengaturan di android > tap manager aplikasi > tap pindah ke kartu sd, selesai. Namun, perlu Anda ketahui dengan cara ini tidak semua aplikasi bisa dipindahkan ke sd card. Nah, maka supaya Anda bisa memindahkan semua aplikasi android dari memori internal ke sd card diperlukan beberapa bahan dukungan diantaranya.
- Perangkat komputer
- Perangkat android
- Kabel data (usb) usahakan kabel data bawaan android
- File MoveToSD untuk mendapatkannya Anda bisa kunjungi link berikut ini _http://www.mediafire.com/file/lc9u85d53h1cqkj/Move+to+SD.zip_ (copy paste link tersebut pada pencarian google tanpa tanda garis bawah)
- Pastikan juga driver usb telah terinstal, namun biasanya hp android terbaru sudah bisa terhubung ke komputer tanpa harus menginstal usb driver dahulu.

Jika semua telah siap tersedia, selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Pastikan usb debugging Hp Android telah aktif lihat juga cara mengaktifkan usb debugging android
  2. Kemudian hubungkan hp android dengan komputer menggunakan kabel usb
  3. Selanjutnya ekstract atau buka file MoveToSD yang telah Anda download di komputer melalui link di atas tadi, lalu Anda akan melihat beberapa file di dalamnya. Silahkan jalankan file yang bernama “…Enable Move to SD.bat…” dengan melakukan double klik
  4. Berikutnya akan muncul CMD atau command prompt lalu biarkan dan tunggu proses beberapa saat hingga selesai.
  5. Sekarang buka pengaturan di hp android Anda lalu tap manager aplikasi dan pilih salah satu aplikasi yang Anda ingin pindahkan ke sd card kemudian Anda bisa tap opsi pindah ke kartu sd. Selesai.

Metode 2 : Memindahkan Aplikasi Android Menggunakan Aplikasi "Link2SD"

Pertama-tama bisa Anda download terlebih dahulu aplikasi Link2SD melalui google playstore, ada yang gratisan juga loh. Kemudian seperti biasa pasang aplikasi pada hp Android Anda dan selanjutnya lakukan langkah-langkah berikut ini.
  1. Buka aplikasi Link2SD di hp android Anda
  2. Kemudian cari apliksi yang ingin di pidahkan ke kartu sd lalu tap aplikasi dan tap pindah ke sd card
  3. Sekarang tunggu proses hingga selesai.

Selamat! Proses memindahkan aplikasi android ke kartu sd tanpa root pun telah selesai. Sangat mudah bukan?… Apakah anda tertarik untuk mencobanya?… Silahkan ikuti langkah-langkah seperti di atas sesuai petunjuk.

Artikel Terkait