Saturday, November 18, 2017

Cara Print dari Android dengan USB, WiFi dan Bluetooth

Cara Print dari Android dengan USB, WiFi dan Bluetooth

TEKNOSMASH - Print dokumen langsung dari smartphone Android di 'zaman now' bukanlah hal yang aneh lagi. Hal ini didukung dengan banyaknya mesin printer terbaru yang dilengkapi dengan koneksi WiFi, bloetooth dan tentunya kabel data atau USB. Selain itu, pendukung lainnya adalah smartphone Android yang tentu saja sudah dilengkapi dengan koneksi tersebut.

Kamu bisa mencetak berbagai macam dokumen langsung dari smartphone Android, diantaranya dokumen teks, gambar dan foto. Tapi untuk menjalankan proses mencetak dari smatphone Android ke mesin printer tentu saja kamu akan membutuhkan sebuah aplikasi. Untuk aplikasinya sendiri bisa kamu download langsung dari smartphone Android melalui google play store, disana kamu akan menemukan banyak aplikasi print, mulai dari yang berbayar hingga yang gratisan.

Aplikasi Print Dokumen Langsung dari Android via WiFi, Bloetooth dan USB


Adapun aplikasi untuk print langsung dari Android yang sering saya gunakan adalah 'StarPrint-Mobile Print App.' Aplikasi ini bisa dibilang aplikasi terbaik untuk mencetak/print dari Android. Dikembangkan oleh ISB Vietnam Co., Ltd. Aplikasi ini bisa digunakan di Android untuk mencetak berbagai dokumen melalui banyak printer hingga 3000 lebih model printer, termasuk printer Canon, Epson, HP dan masih banyak lagi.

Jika kamu ingin mencoba memasang aplikasi StarPrint, kamu bisa memasang aplikasi versi gratisannya terlebih dahulu. Namun, kamu jangan kaget bila hasil cetakan ada gambar watermak dari aplikasi StarPrint. Nah, maka dari itu supaya tidak ada penampakan watermak, sebaiknya kamu beli aplikasinya. Untuk harganya kurang lebih 12.000 hingga Rp.100.000 ribuan.

Cara Print dari Android dengan USB, WiFi Bluetooth
Logo StarPrint - Mobile Print App (Sumber gambar: google play store)

Bagaimana Cara Mencetak/Print Langsung dari Android?

USB, WiFi dan Bluetooth, salah satu dari ketiga koneksi ini bisa kamu pilih untuk melakukan aktivitas print. Namun, kebanyakan pengguna printer hanya memiliki koneksi USB, sebab jika ingin melakukan print melalui WiFi, printer kamu juga harus sama memiliki fitur Wifi. Begitupun dengan koneksi bluetooth.

Cara Print Langsung dari Android dengan Kabel Data, Koneksi WiFi dan Bluetooth

  1. Pasang aplikasi StarPrint melalui google play store hingga berhasil.
  2. Lalu hubungkan Printer dan ponsel Android dengan menggunakan kabel data.
  3. Selanjutnya buka aplikasi dan silahkan kamu cari dokumen yang ingin di cetak/print.
  4. Sebelum melakukan print sebaiknya lakukan PENGATURAN.
  5. Mulai dari print preview, mengatur jumlah lembar dokumen yang akan di cetak dan lain sebagainya caranya dengan Tap PERTINJAUAN di bawah layar Android di Aplikasi ini.
  6. Untuk menambah dan mengurangi jumlah lembaran yang akan di cetak kamu bisa menekan tombol – dan +.
  7. Berikutnya pilih nama printer yang akan kamu gunakan dan terbaca di aplikasi StarPrint.
  8. Terakhir, tap tombol Print melalui kabel USB dan tunggu hingga proses mencetak selesai.
Jika kamu ingin melakukan print melalui koneksi Wifi, Pilih Print melalui WiFi
Jika kamu ingin melakukan print melalui koneksi Bluetooth, pilih print melalui Bluetooth
kamu juga bisa melakukan Print Test Page jika hanya untuk tes print saja dengan cara memilih Print Test Page.

Sangat mudah bukan?

Waktu kamu sangat berharga, jika laptop/PC kamu mendadak error atau mati. Cara print dari Android dengan kabel data, koneksi WiFi maupun Bluetooth di atas, bisa dijadikan solusi terbaik untuk mempercepat menyelesaikan laporan/pekerjaan kamu. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait