Tuesday, July 18, 2017

3 Cara Ampuh Mengatasi Memori Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat

Tidak cukup ruang pada perangkat?... Padahal kapasitas memori eksternal masih banyak!... Saat Anda berkeinginan untuk mendownload ataupun menyimpan data di android, baik itu berupa file gambar, foto, dokumen, musik, video dan yang lainnya. Mungkin Anda pernah mengalami dan menerima pesan peringatan, seperti "Ruang Penyimpanan Tidak Cukup". Seperti yang telah saya alami sebelumnya, hal ini membuat saya kesal, soalnya kapasitas memori eksternal android saya masih banyak. Hingga akhirnya saya pun kepikiran membuat tutorial cara mengatasinya dan memposting ke dalam blog www.teknosmash sederhana ini. Silahkan disimak artikelnya hingga akhir!...

Perlu Anda ketahui!... tidak cukup ruang pada perangkat biasanya disebabkan oleh chace yang belum pernah dibersihkan, sehingga terjadi penumpukan chace. Meskipun Chace ini membantu mempercepat dalam proses loading saat membuka aplikasi online, seperti facebook, instagram, twitter, whatsApp dan masih banyak lagi. Namun, jika cahce dibiarkan bisa menjadi sumber terjadinya error. Maka dari itu bersihkan chace minimal setelah selesai menggunakan ponsel android.
Lihat juga cara membersihkan chace di ponsel android

3 Cara Ampuh Mengatasi Memori Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat


Dalam hal ini, Anda juga perlu melakukan beberapa pengaturan yaitu mengubah penyimpanan android ke kartu sd. Seringkali hal ini disepelakan bahkan menjadi kebiasaan kita menyimpan file dalam memori internal, apalagi jika memori internal memiliki ukuran yang besar, padahal hal ini tidak bagus untuk kinerja android. Hal ini akan membuat loading lemot, nge-lag saat bermain game ataupun aktivitas lainnya.

Dengan mengubah penyimpanan di Android dari memori internal ke kartu sd, maka Anda akan bisa meringankan beban memori internal, sehingga semartphone dapat bekerja lebih optimal.

Selain itu, jika Android mengalami error dan harus mengembalikan ke setelan pabrik (factory reset) Anda tidak perlu repot-repot membackup data.

Cara Mengatasi Memori Tidak Cukup Ruang di Android

Bagaimana Cara Mengubah Penyimpanan ke SD Card di android?

Jangan khawatir, saya sudah menemukan solusinya dan merangkumnya menjadi tiga tahap yang bisa Anda lakukan untuk mengatur penyimpanan ke memori eksternal di Android, berikut rekomendasinya.

Tahap 1 : Menyimpan Hasil Download ke Kartu SD

  1. Tap tombol UNDUH
  2. Kemudian Tap PENGATURAN
  3. Lalu Tap LOKASI DEFAULT
  4. Selanjutnya Tap STORAGE
  5. Terakhir, Tap FOLDER EXTSDCARD
Hal di atas, saya lakukan pada aplikasi UC BROWSER

Tahap 2 : Mengubah Penyimpanan Kamera Video ke Kartu SD

  1. Buka aplikasi kamera atau video
  2. Kemudian Tap PENGATURAN
  3. Lalu ubah penyimpanan ke kartu SD dengan cara MENCETANG lingkaran kosong yang berada di samping kalimat Kartu memori, selesai.

Tahap 3 : Memindahkan Aplikasi ke SD Card di Android

  1. Tap Pengaturan di Android
  2. Kemudian Tap MANAGER APLIKASI
  3. Lalu cari dan Tap aplikasi yang ingin Anda pidahkan
  4. Selanjutnya Tap Pindahkan ke kartu SD

Ini berfungsi untuk yang menggunakan Android OS 4.1.1 ke atas, namun untuk yang ke bawah, Anda bisa memanfaatkan pihak ketiga yakni memasang aplikasi AppMgr III (App 2 SD) lewat google play store.

Demikian 3 cara ampuh mengatasi memori tidak cukup ruang pada perangkat yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda di dalam menggunakan smartphone Android. Terima kasih.

Artikel Terkait