Thursday, July 6, 2017

Cara Reset Ponsel Android Yang Terkunci dan Lupa Pola

Bagaimana sih cara mengatasi android yang terkunci pola?... Nah, pertanyaan ini biasanya muncul saat Anda tidak dapat membuka pola android. Penyebabnya bisa karena lupa pola ataupun karena seseorang berusaha membuka pola yang melebihi batas, yakni lebih dari 10 kali membuka pola terus menerus salah. Hal ini pernah juga saya alami saat baru pertama kali menggunakan hp android, waktu itu beberapa dari teman saya ingin melihat dan menggunakan hp android milik saya. Akhirnya saya pun meminjamkannya pada mereka. Namun, saat itu Hp android saya sudah menggunakan kode pengaman agar tidak sembarang orang membukanya, yakni dengan menggunakan pola tau PIN pattern. Maklum saya belum tahu ada batasan saat membuka pola, teman saya membuka android dengan pola yang salah hingga melebihi batas. akhirnya hp android diblokir dan terkunci pola yang saya bikin sendiri. ...hehehe...

Cara membuka pola android yang lupa atau pola terkunci sangat mudah. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika terjadi hal seperti di atas. Anda tinggal mereset ulang pola password android yang terkunci, dan ini berlaku untuk semua merk tablet ataupun hp android, seperti android samsung, lenovo, advan, xiaomi dan masih banyak lagi.

Cara Membuka Pola Android Yang Lupa dan Terkunci

Untuk mengatasi pola android yang lupa dan pola android terkunci atau terblokir www.teknosmash kali ini telah merangkumnya dalam 3 metode. ke 3 metode ini bisa Anda praktekkan satu persatu. Selain itu, Anda juga bisa membuka pola android yang lupa tanpa reset ataupun dengan factory reset. Nah, agar tidak membuang-buang waktu, yuk kita langsung saja simak tutorialnya.

Cara Membuka Pola Android Yang Lupa dan Terkunci

Metode 1: Membuka Pola Android Melalui Koneksi Internet

Internet biasanya Anda gunakan untuk browsing, chatting di sosial media dan lain sebagainya. Namun, tahukah Anda bahwa koneksi internet juga bisa Anda manfaatkan untuk membuka pola android yang lupa dan terkunci, ingin tahu bagaimana caranya?... ikuti langkah-langkah berikut ini...
  1. Pastikan hp android Anda tersambung ke internet
  2. Kemudian tap tombol forgot password pada layar android yang terkunci pola
  3. Berikutnya isi kotak email dan password dengan email dan password yang telah Anda gunakan sebelumnya untuk hp android yang lupa pola tersebut. Lihat juga cara memulihkan email google yang lupa password
  4. Sekarang tap tombol sign in
  5. Jika Anda memasukan email dan password dengan benar, maka android yang terkunci pola tersebut akan terbuka dan bisa Anda gunakan kembali seperti biasa. Namun, jika email dan password lupa maka Anda bisa menggunakan metode ke 2 di bawah ini.

Metode 2 : Membuka Pola Android Melalui Panggilan Telepon

Jika metode pertama belum barhasil kamu dapat menggunakan metode ke dua ini, yaitu dengan cara menggunakan android milik teman supaya menelpon Hp Android Anda yang terkunci pola. selanjutnya jawab panggilan tersebut, saat kondisi ini segeralah masuk ke menu halaman (home) android kemudian menuju ke pengaturan (setting) lalu nonaktifkan pola android tersebut. Jika sudah berhasil tutup kembali panggilan telepon.

Metode 3 : Membuka Pola Android Melalui Reset Factory

Terakhir, membuka pola android yang terkunci dengan reset atau mengembalikan android ke setelan pabrik. Kali ini saya menggunakan android samsung galaxy young duos. Namun, sebelumnya Anda disarankan untuk mencadangkan atau memindahkan semua data android dari memori internal ke memori eksternal terlebih dahulu. Hal ini untuk mengamankan data android Anda agar tidak hilang. Jika sudah silahkan simak cara mereset android dengan factory reset berikut ini...
  1. Pastikan Android Anda terisi daya baterai di atas 50%.
  2. Kemudian Matikan hp android hingga benar-benar mati.
  3. Sekarang nyalakan kembali android dengan menekan tombol tombol power + volume up + tombol home secara bersamaan.
  4. Pada saat hp android nyala lepaskan tombol power. Sedangkan untuk tombol volume up + tombol home tetap ditekan hingga masuk ke recovery mode dan muncul logo android.
  5. Berikutnya akan muncul beberapa opsi lalu lepaskan semua tombol yang tadi Anda tekan
  6. Sekarang tekan tombol volume up atau volume down untuk memilih opsi wipe data/factory reset lalu tekan tombol home untuk menyetujui pilihan tersebut.
  7. Pada tampilan selanjutnya Anda pilih opsi yes-delete all user data dengan cara yang sama saat memilih wipe data/factory reset.
  8. Tunggu proses reset hingga benar-benar selesai
  9. Jika proses reset telah selesai dan berhasil, selanjutnya restart android dengan memilih menu reboot system now. 
  10. Selamat Hp Android kesayangan Anda pun telah kembali ke pengaturan awal dan siap untuk digunakan seperti biasanya.

Cara membuka pola android yang terkunci dengan factory reset bisa dilakukan pada semua jenis merk hp android. Namun, untuk masuk ke recovery mode android setiap merk android memiliki cara yang berbeda-beda. Seperti samsung android galaxy young dous di atas dengan cara menekan tombol power + tombol home + tombol volume up atau android lenovo A369i dengan menekan tombol power + tombol up + tombol dwon. Namun, pada intinya kunci untuk masuk ke recovery mode yaitu dengan mengkolaborasikan tombol-tombol di  hp android dengan menekannya secara bersamaan.

Artikel Terkait