Friday, March 3, 2017

Cara Menggunakan Google Drive Tanpa Internet di Android

Google Drive, aplikasi yang satu ini biasanya sudah terpasang di smartphone Android kamu. Namun, karena ketidaktahuan akan kegunaan aplikasi ini, terkadang kamu hanya membiarkannya saja menghiasi layar Android. Padahal google drive bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan berbagai macam dokumen dengan aman. Seperti dokumen word, PDF, foto, musik, video dan masih banyak lagi. Apalagi kamu bisa menggunakan Google Drive secara offline di Android.

Google Drive merupakan salah satu layanan Cloud Storage atau penyimpanan awan gratis paling populer yang berbasis online maupun offline. Jadi, saat kamu ingin menyimpan suatu file lewat google drive, harus terkoneksi ke internet. Namun, jika file tersebut sudah tersimpan lalu kamu lupa ada kesalahan atau kekurangan dalam file tersebut dan ingin mengubah atau melakukan edit maka kamu bisa menggunakan google drive secara offline di Android.

Google Drive adalah fitur layanan yang dimiliki Google. Jadi, kamu diwajibkan memiliki akun google terlebih dahulu. Jika sudah, kamu bisa langsung login atau daftar di google Drive.
Cara Menggunakan Google Drive Tanpa Internet di Android

Cara Menggunakan Google Drive Tanpa Koneksi Internet di Android

  1. Buka Google Drive, jika belum tersedia kamu bisa pasang lewat google play store.
  2. Kemudian, kamu lakukan login atau daftar dengan akun google 'cara membuat akun google'
  3. Selanjutnya, kamu bisa melakukan Upload dokumen atau file dengan tap tombol + berwarna biru. Tunggu hingga proses upload selesai.
  4. Setelah file tersebut berhasil tersimpan, lalukan tap pada file tersebut, tunggu hingga proses loading selesai, lalu tap ikon 3 titik untuk menampilkan opsi pilihan.
  5. Berikutnya, tap Tersedia Offline (Available Offline) dan selanjutnya matikan koneksi internet kamu.
  6. Sekarang, kamu bisa mengedit file tersebut jika memang ada kesalahan atau kekurangan dan juga bisa membagikannya kepada teman-teman kamu.

Untuk merapikan penyimpanan, kamu bisa membuat folder sediri di Google Drive. Jadi, kamu bisa memisahkan antara kumpulan file dokumen word dengan yang lainnya. Tak hanya itu, Google Drive juga dapat menyimpan dokumen sebanyak 15 GB untuk satu akun google. Mudah dan praktis bukan? Nah, sekarang kamu bisa menggunakan Google Drive dengan baik meskipun tanpa koneksi internet.

Baca juga : Cara Memperbaiki Koneksi Internet Bermasalah Pada Android

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon