Wednesday, September 6, 2017

2 Cara Terbaru Mereset Hp Android Ke Setelan Pabrik

Cara Mereset Hp Android Ke Setelan Pabrik Anda pasti pernah mengalami lupa pola yang membuat smartphone terkunci dan tidak bisa membuka layar android, meskipun Anda telah beberapa kali mematikan dan menghidupkan android, layar android masih terkunci dan terblokir. Untuk memecahkan masalah seperti ini, Anda bisa melakukan factory reset atau mengembalikan android ke setelan pabrik.

Apa itu factory reset?
Factory reset adalah cara mengembalikan Android ke setelan pabrik, dengan kata lain sistem Android akan seperti baru lagi, sama percis pada saat Anda membeli dari toko untuk pertama kalinya. Namun, hal ini berlaku untuk softwarenya saja, tidak termasuk hardware.

Jangan lupa untuk membackup semua data penting pada memori eksternal Anda. Seperti aplikasi, foto, gambar, musik dan video. Sedangkan untuk kontak telepon Anda bisa membackupnya pada kartu SIM. Hal ini dilakukan sebelum melakukan factory reset.

Jika tidak, maka semua data pada smartphone Android akan hilang, hal ini tentu saja tidak Anda ingankan. Oia, email dan password yang Anda gunakan juga jangan sampe lupa, agar pada saat smartphone Android telah berhasil di kembalikan ke setelan pabrik, Anda tidak perlu lagi repot-repot membuat email yang baru.

Kapan factory reset dilakukan?
Ada beberapa alasan ketika Anda harus melakukan factory reset, meskipun sebenarnya hal ini bisa dilakukan kapan saja. Diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Saat Anda lupa pola atau PIN pada layar Smartphone Android
  2. Saat Smartphone Android Mengalami Bootloop atau tidak bisa masuk ke menu dan hanya berhenti pada logo saja.
  3. Saat Smartphone Android menyala, namun tidak menerima respon input atau layar tidak mau disentuh dan tidak bisa masuk ke menu.
Selain ketiga alasan di atas, masih banyak lagi alasan lainnya. Seperti pada kasus pembelian smartphone bekas (second) yang masih memiliki banyak aplikasi dan Anda tidak nyaman dibuatnya, Anda bisa melakukan factory reset.

Bagaimana Cara Mereset Hp Android Ke Setelan Pabrik?

Mereset smartphone Android ke setelan pabrik sangat mudah, Anda bisa melakukannya melalui menu pengaturan, namun jika Android tidak bisa masuk ke menu pengaturan, Anda bisa melakukannya melalui recovery mode yang telah tersedia di smartphone Android. Untuk lebih jelasnya adalah sebagai berikut.

Cara Mengembalikan Android Ke Setelan Pabrik Melalui Pengaturan

  1. Tap menu PENGATURAN pada smartphone Android
  2. Lalu Tap CADANGKAN & RESET
  3. Selanjutnya Tap RESET DATA PABRIK
  4. Terakhir, Tap RESET PERANGKAT
  5. Tunggu proses hingga selesai dan biarkan smartphone restart sendiri.
Jika cara ini belum berhasil, Anda bisa melakukan factory reset melalui recovery mode, berikut langkah-langkahnya.

Cara Mengembalikan Android Ke Setelan Pabrik Melalui Recovery Mode

  1. Pastikan smartphone Android Anda memiliki daya baterai 50%
  2. Lalu matikan smartphone Android
  3. Selanjutnya tekan dan tahan tombol POWER + VOLUME ATAS secara bersamaan. (Untuk Smartphone Android Samsung tekan Tombol HOME + POWER + VOLUME ATAS) saat smartphone Android menyala, lepas tombol POWER. Sementara untuk VOLUME ATAS jangan lepas dulu hingga muncul logo robot Android.
  4. Kemudian tekan VOLUME BAWAH atau VOLUME ATAS untuk memilih WIFE DATA/FACTORY RESET
  5. Berikutnya pilih YES … DELETE ALL USER DATA lalu tekan POWER atau HOME dan biarkan Proses hingga selesai dalam beberapa detik.
  6. Terakhir, pilih REBOOT SYSTEM NOW dan tunggu smartphone akan melakukan restart atau booting.
  7. Selesai, smartphone Android kini telah kembali kesetelan pabrik.

Jika cara di atas belum bisa menyelesaikan masalah juga, gunakan cara terakhir yaitu dengan melakukan flash frimware atau instal ulang smartphone Android, untuk hal ini sebaiknya Anda membawa smartphone Android ke tukang service, agar tidak terjadi kesalahan. Namun, jika Anda ingin mencobanya, bisa Anda cari untuk cara flash frimware melalui forum-forum atau browsing di internet. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait