Friday, March 3, 2017

Cara Mengatasi Touchscreen Error Pada Hp Android

Touchscreen atau dalam bahasa Indonesia layar sentuh, saat ini teknologi touchscreen banyak digunakan pada gadget. Salah satunya ponsel Android, Namun, terkadang touchscreen Android mengalami error seperti touchscreen tidak merespon bahkan touchscreen Android tidak bergerak saat disentuh.

Dalam hal ini touchscreen sangat membantu mempercepat menyelesaikan berbagai aktivitas lewat Hp Android. Apalagi saat kamu terburu-buru harus membalas percakapan penting, entah itu menyangkut percakapan dengan atasan di kantor atau pacar kamu.

Ada banyak faktor yang menyebabkan touchscreen error pada Hp Android, diantaranya touchscreen Android terkena air, kotor, RAM yang sudah penuh, atau bisa juga pelindung touchscreen tidak cocok dengan Android yang kamu miliki.

Jika kamu tidak ingin mengalami touchscreen error saat moment penting. Maka, ada baiknya kamu mengetahui bagaimana cara mengatasi touchscreen error pada Hp Android.

Cara Mengatasi Touchscreen Android Tidak Bergerak Saat Disentuh

Cara Mengatasi Touchscreen Error Pada Hp Android
Touchscreen terkena air bisa membuatnya tidak berfungsi. Misalnya terkena air hujan. Nah, ini bisa saja terjadi di saat musim hujan datang. Jika touchscreen tidak berfungsi karena air lakukan pembersihan dengan menggunakan sehelai kain halus atau kamu juga bisa menggunakan tisu yang telah diteteskan cairan kayu putih, kemudian usap sampai bersih dan kering. Hal ini juga efektif untuk membersihkan touchscreen dari debu dan kotoran yang menempel.

Cara Mengatasi Touchscreen Lambat Atau Terlalu Sensitif Pada Hp Android

Cara Mengatasi Touchscreen Error Pada Hp Android
Untuk mengatasi touchscreen lambat atau terlalu cepat bergerak lakukan pengaturan kalibrasi pada touchscreen dengan cara Tap pengaturan (setting) Android, lalu Tap Tampilan (Display) dan Terakhir Tap Kalibrasi (Calibration). Pada saat melakukan kalibrasi, layar Android akan menjadi blank putih sepenuhnya, kamu jangan panik teruskan saja dengan Tap layar dan ikuti terus perintah untuk menyelesaikan proses kalibrasi.

Setalah itu kamu bisa mengecek ke sensitifan touchscreen dengan cara ketik *#0*# untuk Android Samsung melalui panggilan. Maka muncul gambar seperti di bawah ini. Lakukan pengecekan dengan cara tap tombol tersebut satu persatu!

Cara Mengatasi Touchscreen Error Karena Benturan Pada Hp Android

Pada kasus ini, kemungkinan besar jika Android mengalami benturan atau terjatuh dan menyebabkan Touchscreen retak, maka tidak ada jalan lain selain mengganti dengan Touchscreen yang baru. Namun, jika Touchscreen tidak mengalami retak atau kerusakan komponen. Namun, saat di nyalakan Android Blank putih, maka kamu harus mengembalikan Android ke pengaturan setelan pabrik (Factory reset).

Dalam hal ini saya tidak menganjurkan, karena akan menghilangkan semua data aplikasi maupun file yang ada di dalam ponsel Android. Sebaiknya backup terlebih dahulu semua data yang ada di dalam Android sebelum melakukan factory reset.

Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di atas untuk mengatasi touchscreen error pada Hp Android . Dan semoga tips dan trik di atas dapat membantu dan memberikan manfaat, terutama pada pengguna ponsel Android.

Artikel Terkait

1 komentar so far

kalau masih tidak bisa bagaimana min ?
solder uap


EmoticonEmoticon