Saturday, September 9, 2017

Cara Mengubah Sinyal EDGE Menjadi HSDPA Pada Ponsel Android

Mengubah Sinyal EDGE menjadi HSDPA? Ini Caranya Cara mengubah sinyal EDGE (E) menjadi HSDPA (H) pada Android bisa Anda lakukan dengan mudah. Banyaknya keuntungan saat menggunakan HP Android, terutama fungsinya sebagai alat untuk surfing di internet. Ada beberapa jaringan yang kemudian akan muncul di layar android seperti EDGE, HSDPA, 3G, ataupun 4G (LTE). Akan tetapi sinyal di daerah-daerah perkampungan masih saja terasa lambat dan membuat pengguna merasa sebal, terutama bila jaringannya hanya EDGE.

Sebenarnya salah satu hal yang paling menentukan dalam mendapatkan sinyal adalah, letak dan daerah pengguna android berada. Terutama untuk mengubah sinyal EDGE menjadi HSDPA di samsung galaxy star, samsung galaxy star plus, Andromax c, modem atapun ponsel Android lainya. Perlu diketahui bahwa sinyal di Indonesia belum merata, jadi memang ada beberapa daerah yang tidak terdapat jaringan 3G ataupun HSDPA. Jadi ketika android tidak mendapatkan jaringan 3G ataupun HSDPA, bisa jadi memang daerah itu belum terdapat jaringan tersebut.

Lihat juga Cara Root Android Langsung Dari Hp Sendiri Tanpa PC

Cara Mengubah Sinyal EDGE Menjadi HSDPA Pada Android

Yang menjadi permasalahan adalah, bila daerah yang ditempati tersebut dijangkau jaringan HSDPA namun android tidak menangkap jaringan. Kemungkinan androidlah yang memiliki masalah, tetapi ada cara yang mudah untuk melakukan recovery dan mengubah sinyal EDGE menjadi HSDPA pada Android:

  1. Buka android dan cari Menu Setting (Pengaturan)
  2. Pilih menu Wireless and Network atau More Setting
  3. Cari dan pilih menu mobile network dan kemudian pilih lagi ke Network Mode
  4. Pilih dan checklist pada menu WCDMA Only / WCDMA Preferred
  5. Tunggulah beberapa saat hingga prosesnya selesai dan sinyal mengalami perubahan

Kelima langkah di atas merupakan cara pertama yang dapat ditempuh untuk mengubah sinyal EDGE menjadi HSDPA. Bila kemudian pengguna merasa terkendala ataupun tidak berhasil melakukan langkah di atas, maka ada lagi cara lain yang juga ampuh untuk mengubah sinyal tersebut. Cara ini cenderung lebih mudah, karena hanya melalui beberapa tahap saja dan dapat diikuti dengan mudah.

  1. Ketik *#*#4636#*#* kemudian dial/telepon
  2. Jika langkah tersebut berhasil, maka akan terlihat menu Testing
  3. Terdapat beberapa pilihan pada menu tersebut, pilihlah ‘Phone Information’
  4. Lalu setelah terbuka, masuk kepada set preferred network dan pilih menu WCDMA Only

Cara di atas telah terbukti ampuh dalam membantu mengubah sinyal EDGE menjadi HSDPA pada ponsel Android Samsung galaxy ataupun Andromax c. Anda pun bisa mencobanya pada ponsel Android kesayangan Anda.

Artikel Terkait