Saturday, March 25, 2017

Cara Merekam Aktivitas Layar di Android Tanpa Root dan PC

Merekam layar android adalah hal yang sangat mengasyikan, terutama bagi Anda yang suka membuat video tutorial. Apalagi jika bisa merekam aktivitas layar Android tanpa harus melakukan root terlebih dahulu dan tanpa bantuan PC, tentunya sangat mudah dan praktis bukan?... Nah, buat Anda yang menginginkan tutorialnya silahkan simak terus artikelnya di www.teknosmash blog sederhana ini.

Dalam hal ini, Anda membutuhkan sebuah aplikasi tambahan yang ringan dan tentu saja Gratis!... Ingin tahu nama aplikasi apa yang bisa digunakan untuk merekam aktivitas layar android?... yuk kita cari tahu di bawah ini.

Aplikasi Perekam Layar Android

Salah satu aplikasi terbaik untuk merekam layar di Android Anda bisa menggunakan aplikasi Perekam Layar Mobizen, aplikasi ini di kembangkan oleh RSUPPORT Co., Ltd. Dengan ukuran yang cukup ringan.

Jangan khawatir, Anda dengan mudah bisa mendapatkannya aplikasi ini karena sudah tersedia di google play store.
Lihat juga Cara Paling Cepat Unggah Video Ke YouTube Via Android

Jika Anda pengguna ponsel Samsung tersedia juga aplikasi Mobizen khusus untuk Android Samsung (Mobizen for Samsung).

Cara Merekam Aktivitas Layar di Android Tanpa Root dan PC 
Logo Mobizen for Samsung (sumber gambar: Google Play Store)

Bagaimana Cara Merekam Aktivitas Layar di Android?

Dikarenakan saya menggunakan ponsel Android Samsung, jadi saya menggunakan aplikasi Mobizen for Samsung. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Merekam Layar di Ponsel Android Samsung

  1. Jika aplikasi Mobizen for Samsung sudah siap digunakan, buka aplikasi tersebut!
  2. Kemudian akan tampil hitungan 3 sampai 1 pada layar Android dan logo Mobizen tampil di samping layar kanan Android, itu berarti tanda aplikasi sedang berjalan dan Anda siap untuk merekam aktivitas layar di Android.
  3. Selanjutnya buka aplikasi yang akan Anda rekam, misalnya permainan game shoot Bubble yang seperti saya lakukan. Untuk lebih jelasnya bisa Anda lihat pada video di bawah ini:
  4. Jika merekam sudah selesai selanjutnya Anda tap berhenti seperti pada gambar di bawah ini:
    Cara Merekam Aktivitas Layar di Android Tanpa Root dan PC
  5. Dengan begitu hasil rekaman Anda pun akan otomatis tersimpan pada memori eksternal ataupun memori internal Anda.
  6. Selanjutnya Anda tinggal mengedit-edit sedikit agar video semakin bagus. Untuk melakukan edit video bisa Anda cari disini Cara Edit Video Menggunakan Aplikasi VideoShow di Android.

Ternyata merekam aktivitas layar di Android Sangat mudah bukan? Selanjutnya Anda bisa membagikan video tersebut melalui jejaring sosial. Seperti Youtube, facebook, twitter dan lain-lain. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait